Rabu, 13 April 2011

pengertian pop3

           Dengan menggunakan POP,  seseorang mendapat kemudahan untuk mendapatkan   mail  miliknya  dari sebuah mail server, tanpa perlu  koneksi  yang lama dengan internet yang  tentu saja memakan biaya. Dibawah ini, penulis akan sedikit menerangkan  tentang cara kerja dari POP.
Pada  tulisan  ini,  akan  banyak  ditemui  istilah  client  dan  server. Client  dan server  merupakan bagian  dari arsitektur yang banyak digunakan pada implementasi  layanan    internet.  Arsitektur  ini  biasa  disebut  sebagai  client/server architecture.  Pengertian client  pada  pembahasan tentang POP3 ini adalah pihak yang  menggunakan layanan POP3 dan server adalah pihak yang menyediakan layanannya

Apakah POP itu ?

POP  atau  Post Office Protocol, sesuai  dengan  namanya  merupakan  protokol yang  digunakan untuk pengelolaan mail atau dengann kata lain pop3 adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. POP  yang sekarang lebih umum dikenal  dengan  POP3  (POP - Version 3),  dimaksudkan   untuk   mengizinkan  client  untuk  mengakses  secara  dinamis  mail  yang  masih  ada di  POP3 server. POP3  menawarkan  pada  user  untuk  meninggalkan  mail-nya di  POP3 server,  dan mengambil  mail-nya  tersebut  dari sejumlah  sistem  sebarang.  Untuk  mengambil mail   dengan   menggunakan   POP3   dari   suatu   client,  banyak   pilihan  yang  dapat  digunakan  seperti   Sun  Microsystem Inc.'s Mailtool, QualComm Inc.'s Eudora, Netscape Comm. Corp.'s  Netscape Mail dan  Microsoft Corp.'s Outlook  Express.
POP3 tidak dimaksudkan untuk menyediakan operasi manipulasi mail  yang ada  di server secara luas. Pada  POP3,  mail diambil  dari server dan kemudian dihapus (bisa juga tidak dihapus). Segala sesuatu tentang protokol POP3 ini dibahas dalam RFC (Request For Comment) 1725. Protokol yang lebih  tinggi dan lebih kompleks, yaitu IMAP4, dibahas dalam RFC 1730.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...