Senin, 18 April 2011

sejarah tentang si gigi biru " bluetooth "

Semua orang pasti kenal dengan yang satu ini , rasa tidak lengkap jika ponsel , notebook ataupun laptop tanpa fitur yang satu ini . “bluetooth” , yap , siapa yang tak kenal . siapa yang menyangka pula ternyata nama bluetooth doiambil dari nama raja Denmark , Harald Bluetooth . diambil nama ini karena memiliki filosofi dahulu raja harald dapat menyatukan suku – suku yang sedang berperang .
Secara umum  , Bluetooth adalah suatu terkhnologi nirkabel yang  dapat mengoneksikan dua perangkat .Teknologi ini mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time dengan jangkauan layanan berjarak dari 1 , 10 sampai 100 meter . sebagai teknologi wireless , Bluetooth beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz .
Pada mulanya Bluetooth diluncurkan pada Juli 1999 dengan versi 1,0 , tetapi pada versi ini masih banyak sekali kekurangan diantaranya masih diterapkannya perintah manualsehingga tak ada jami8nan keamanan dan pengaturan koneksinya pun rumit . teknologi ini terus berkembang dengan diluncurkannya versi 1,1 dan 1,2 . Dalam mendukung channel yang tak terenkripsi , perbaikan pun di lakukan . Juga mengakomodasi kecepatan transmisi data hingga 1Mb/s dan tahan interferensi frekuensi radio .
Selanjutnya 2.0 dirilis pada 2004 . Fitur Enhanced Data Rate adalah perbedaan utamanya .Tingkat kecepatan mencapai 3Mbps .meskipun pada prakteknya hanya 2,1Mbps . Kemuadian pada era 2.1 memperkenalkan SSP ( secure simple pairing ) , yang meningkatkan sisi keamanan pengguna .
Baru pada 2009 diperkenalkan Bleutooth  versi 3.0+HS ( High Speed ) . Tingkat perpindahan data dimaksud mencapai 24Mbps secara teoritis dengan menggunakan fitur utama AMP , yaitu tambahan jaringan wifi sebagai data berkecepatan tinggi .
Adapun kelebihan teknologi bluetoooth adalah dapat menembus dinding , kotak dan rintangan lain , tidak memerlukan kabel sebagai penghantar selain kegunaan sebagai prantara modem . Sementara kekurangannya antarra lain pada sistem menggunakan frekuensi sama dengan gelombang LAN standard , pengguna akan kesulitan melakukan transfer apabila ditemukan banyak koneksi Bluetooth dalam suatu ruangan dan banyak virus beredar yang dapat merusak ponsel ataupun laptop kita dengan menggunakan teknologi ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...