Senin, 02 Mei 2011

sejarah kapitalisme

Sejarah Munculnya Kapitalisme
1. D.Merchantilists (abad 17)
Tokoh : Louis XIV adalah orang yang sangat boros. Saat itu Colbert (seorang menteri keuangan) berpikir bahwa pemerintah harus memelihara kas negara sementara kas kosong akibat kemewahan Louis XIV. Colbert kemudian mencari solusi dan berhasil menemukannya. Solusi Colbert adalah sebagai berikut :

a. Doktrin neraca perdagangan aktif (an active trade balance)
Inti : ekspor > impor agar terjadi surplus
contoh : RRC terhadap Amerika
b. Atteliers Nationale : tempat kerja atau pabrik milik negara merupakan awal BUMN.
c. Intervensi pemerintah : intensive dalam proses ekonomi. Hasilnya industri-industri Prancis berkembang, perdagangan internasional merupakan satu-satunya cara agar makmur.
d. Impor tenaga kerja ahli : Itali, Belanda (Mentega+Keju), RRC (Porselen)

Kapitalisme : a system of economic organization characterred by private ownership of the means of production adn distribution such as land, factories, railroad,etc and their operation for profit under predominatly competitive conditions.

Sebuah organisasi raksasa ciptaan manusia. Di dalamnya terdapat berbagai macam masalah (what, how, for whom) yang diselesaikan oleh mekanisme harga dan pasar (the invisible hand) melalui berbagai mekanisme harga dan pasar macam institusi atau lembaga-lembaga yang dapat berupa subsistem ekonomi seperti IPolEkSosBudHanKam.
Pure Capitalism : non intervensi pemerintah dalam proses dan aktivitas ekonomi (dilakukan aktif oleh pihak swasta) ada kala naik ada kalanya merosot, kapitalime tidak dapat lepas dari konjungtur (konsep gerak gelombang kehidupan ekonomi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...